Diploma IV Tourism Management

A.   VISI :

Menjadi program studi bidang vokasi pariwisata yang mampu menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul, menguasai IPTEK, inovatif di bidang kepariwisataan, serta berdaya saing di aras nasional dan internasional pada tahun 2025.

B.   MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan menggunakan kurikulum berbasis kombinasi antara Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia (KKNI) dan standar internasional The American Hotel & Lodging Educational Institute (AHLEI) di bidang usaha perjalanan wisata (Tour & Travel) dan pengelolaan destinasi wisata.
  2. Mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan industri, dan memfasilitasi mahasiswa dengan sarana prasarana pembelajaranb maupun praktek lapamngan pariwisata yang dibimbing oleh tenaga pengajar professional.
  3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan lulusan terapan pariwisata yang unggul, berdaya saing global, kompeten, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi di era digital, maupun berinovasi dalam pengembangan usaha perjalanan wisata dan pengelolaan destinasi wisata.
  4. Menjalin jaringan kerjasama dengan institusi pendidikan pariwisata, organisasi kepariwisataan, asosiasi profesi dan industry kepariwisataan lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Menyelenggarakan penelitian terapan pariwisata dalam bidang usaha perjalanan wisata (Tour & Travel) dan pengelolaan destinasi wisata.
  6. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pembangunan industri kepariwisataan berkelanjutan yang memberi nilai tambah bagi komunitas local.

         Program Studi Diploma IV Manajemen Pariwisata merupakan program pendidikan vokasi jenjang diploma 4 bidang pariwisata yang menghasilkan tenaga kerja professional untuk pimpinan bidang pariwisata. Program studi yang telah terakreditasi dengan nilai “A” dari Badan Akreditasi Nasional Pergurua Tinggi (BAN PT) sejak bulan 21 Mei 2019 ini memiliki kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Pada tahun 2018, kurikulum Program Studi Diploma IV Manajemen Pariwisata mengalami perubahan dengan beban studi 152 sks. Penyusunan kurikulum dibantu oleh pihak internal dan eksternal kampus sehingga diharapkan mampu menjawab kebutuhan industri pariwisata akan tenaga kerja khususnya di bidang pengelolaan destinasi dan usaha perjalanan wisata.

         Program pendidikan vokasi pariwisata yang dapat ditempuh selama 4 tahun ini menawarkan proses pembelajaran di kampus yang terdiri dari kombinasi praktek lapangan dan teori, serta satu semester Praktek Kerja Nyata (PKN) di pemerintahan, industri Tour & Travel Industry, destinasi wisata, maupun pengelolaan event. Mahasiswa juga dididik untuk ahli dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini guna mempersiapkan lulusan yang berdaya saing di era globalisasi dan digital. Lulusan Program Studi Diploma IV Manajemen Pariwisata dibina untuk dapat mengasah jiwa entrepreneurial sehingga selain bekerja mereka juga mampu membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan masyarakat lokal khususnya di bidang Tour & Travel Industry.

        Program Studi Diploma IV Manajemen Pariwisata juga menawarkan kesempatan bagi calon pengembang dan penerus industri kepariwisataan dan usaha perjalanan wisata khususnya dengan melakukan study banding baik destinasi di dalam negeri dan luar negeri. Mengimplementasikan pengetahuan dalam penelitian bisnis terapan sehingga dapat menyumbangkan pemikiran dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang usaha perjalanan wisata. Pada mata kuliah kewirausahaan dan manajemen perhelatan, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan seluruh ilmu manajemen dengan menyelenggarakan perhelatan di bidang pariwisata maupun khusus bidang Tour & Travel. Sementara pada tahun terakhir perkuliahan mahasiswa wajib melaksanakan Penelitian Lapangan Pariwisata (PLP) yang disematkan dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari program studi. Hasil kajian dan pengabdian selanjutnya akan dipresentasikan dalam bentuk seminar di hadapan manajemen kampus STPBI maupun external stakeholder.

Adapun profil lulusan program studi DIV Manajemen Pariwisata STPBI adalah sebagai berikut:

  1. Aparatur Sipil Negara untuk urusan Keparwisataan (Dinas Pariwisata Kota atau Provinsi; dan Kementrian Pariwisata).
  2. Pengelola Asosiasi Profesi
  3. Tour Planner
  4. Travel Product Manager
  5. Tour Leader
  6. Tour Operator Manager
  7. Tour Guide
  8. Ticketing Manager
  9. Ground Handling Manager
  10. Business Event Manager
  11. Event Coordinator
  12. Sales Event
  13. Venue Manager
  14. Human Resources Manager in Tourism & Hospitality Facilities
  15. Sales and Marketing Manager in Tourism & Hospitality Facilities
  16. Financial Manager in Tourism & Hospitality Facilities
  17. Travel Consultant
  18. Instruktur Lab
  19. Wirausaha di bidang Usaha Perjalanan Wisata
  20. Wirausaha di bidang Bisnis Perhelatan Wisata
  21. Penyedia Layanan Kegiatan Perjalanan Wisata
  22. Pengelola dan Pengembang Destinasi Wisata
  23. Konsultan Pengembangan dan Pengelolaan Destinasi Wisata

         Selain memiliki dosen senior yang berpengalaman dalam mengajar bidang usaha perjalanan wisata dan kepariwisataan pada umumnya, program studi ini didukung oleh para dosen yang creative dan innovative dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3. Sebagian besar dosen pengampu telah menempuh pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga mampu memperkaya khasanah keilmuan yang diberikan pada mahasiswa pada proses belajar mengajar. Adapun kurikulum pembelajaran untuk program studi Manajemen Kepariwisataan adalah sebagai berikut :

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian

2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat